Hermandari Kartowisastro

Hermandari Kartowisastro lahir pada 1943 di Banjarnegara, Jawa Tengah. Ia menyelesaikan studinya di Institut Teknologi Tekstil di Bandung dan pernah belajar memotret pada Canon School of Photography di Jakarta. Menetap dan bekerja di Jakarta.


Foto-foto Hermandari menghadirkan sosok dan pengalaman khas para perempuan. Dalam pengelanaannya ke berbagai sudut dunia ia telah bertemu dan memotret para perempuan di Sumba, Kalimantan, Papua di Indonesia. Bersama kameranya pula, sejak 2010 ia telah berkeliling dunia, menghasilkan ribuan foto dan sejumlah buku fotografi perjalanan. Telah mengunjungi Argentina, Bolivia, Ethiopia, Meksiko, Nepal sampai ujung Antartika. Foto-foto terbarunya (2023) adalah mengenai para perempuan di Teheran (Iran).


Dalam sebuah catatannya ia antara lain menulis, "Perempuan di banyak negara bahkan masih jauh dari kondisi yang memungkinkan mereka menikmati kebebasan, apalagi kesempatan untuk mengekspresikan diri. Kesetaraan cuma sepatah kata yang sampai ke telinga tanpa pernah dialami. Dalam keterbatasan itu, para perempuan selalu kelihatan tangguh dan mandiri menjalani kehidupan, dan mereka selalu bisa bertahan." Foto-foto Hermandari berupaya menangkap dan memancarkan semangat semacam itu dengan kekayaan dan kekuatan visualnya.


Sebagai seniman foto berusia lanjut, kini delapan puluh tahun, ia masih aktif berkelana untuk memotret.