Novi Kristinawati

Novi Kristinawati lahir pada 1978 di Jombang (Jawa Timur). Ia belajar arsitektur pada Universitas Kristen Duta Wacana di Yogyakarta.


Selama bertahun-tahun Novi tertarik dengan material alam berupa bambu (Bambusoideae). Bambu adalah material alam yang memilik banyak kegunaan, dari konstruksi bangunan, peralatan rumah tangga, barang-barang kerajinan, instrumen musik sampai senjata. Seiring dengan kemajuan teknologi pemanfaatan bambu, material ini tdak lagi identik dengan keterbelakangan dan kemiskinan.


Salah satu keunggulan pohon bambu adalah kecepatannya untuk tumbuh. Dengan sifatnya yang luar biasa lentur, bambu dapat bertransformasi dan dimanfaatkan menjadi bentuk-bentuk arsitektural. Karya instalasi Novi untuk ARTJOG adalah sebentuk site-specific yang merespons tangga-tangga di dalam gedung Jogja National Museum, tempat berlangsungnya pameran ini. Konsep yang melandasi dua buah karya ini adalah metode perihal kondisi-kondisi yang saling bertentangan satu sama lain, yang disebutnya "berpikir cepat ("fast thinking") dan "berpikir lambat" ("slow thinking"). Ruang fisik yang terbentuk oleh tiap karya instalasi bambu ini menandai kutub-kutub yang bertolak belakang meski keduanya merespons sites yang sama di dalam gedung pameran. Ruang fisik juga menandai alam berpikir tertentu.